19 June 2014

Bagaimana mengenalkan Ramadhan kepada anak-anak?

Bismillahirrahmanirrahim.. Assalamualaikum wbt...


Selamat Datang Ramadhan...

10 hari menjelang Ramadhan, suasana sekeliling masih seperti biasa. Semua orang tetap dengan cara hidup yang sama. Seperti biasa. Jika ada yang mengalami perubahan, para peminat Piala Dunia. Ulasannya semangat Hasbullah Awang, matanya lebam seperti Panda.

Dalam satu perbincangan di Whatsapp FAQEH Terengganu, saya tertarik dengan satu lontaran perbincangan yang dikemukakan oleh Ustazah Nor'Aziah Mohd Daud mengenai bagaimana mengenalkan anak-anak istimewa khususnya tentang kehadiran bulan Ramadhan.

Bagaimana mengenalkan Ramadhan kepada anak-anak?





Wujudkan 'suasana' yang istimewa terhadap anak-anak. Antara caranya adalah jika menjelang raya kita persiapkan baju raya, Ramadhan ini disambut dengan shopping telekung baru, kopiah baru, quran baru, sejadah baru dan sebagainya. Juga boleh ajak mereka membeli CD atau VCD quran untuk dipasang di rumah atau di dalam kereta. Ceritakan kepada mereka setiap apa yang kita buat tu sebagai nak sambut Ramadhan.

Sebelum datang Ramadhan juga kita boleh bawa anak-anak survey masjid dan surau. Kenalkan dia tempat wudhuk, tandas dan tidak lupa tabung masjid. Nanti apabila tiba Ramadhan, minta anak isi tabung tersebut. Biarpun hanya dengan kadar RM1, paling tidak kita telah memberikan mereka pengalaman untuk menghulurkan sedekah di bulan Ramadhan. Ceritakan kepada mereka amalan baik di bulan Ramadhan Allah gandakan pahalanya.

Pengalaman kita sendiri ketika masih budak-budak yang tentu kita ingat adalah menghantar makanan berbuka kepada jiran-jiran. Teruskan amalan ini kepada anak-anak kita. Samada kita memasak lebih sedikit pada hari berkenaan, atau kita beli lebih sedikit di bazar Ramadhan. Biar anak pegang makanan berkenaan dan serah kepada jiran. Ajar mereka memberi.

Ustazah juga menitip pesan supaya jangan lupa beri penerangan yang paling ringkas terhadap setiap perlakuan yang kita lakukan. Tidak perlu panjang lebar seperti berteori. InsyaAllah mereka akan faham.

"Ini sunnah nak"

"Nabi suka kita buat macam ni"

Pelbagai lagi amalan dan praktikal yang kita boleh lakukan bersama anak-anak. Kenalkan mereka buah tamar, bantu orang miskin, cerita tentang zakat, cerita tentang cara berpuasa dan pelbagai lagi. Pendek kata, kita cuba kenalkan kedatangan Ramadhan ini kepada mereka.

Jika terasa tidak tahu bagaimana mahu memulakan, ajak sahaja mereka tonton Upin dan Ipin berpuasa. Sambil-sambil kita terangkan sedikit demi sedikit.

Bagaimana lagi cara berkongsi kedatangan Ramadhan dengan anak-anak?

Selamat Datang Ramadhan!!

4 comments:

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

IBU TIJA said...

Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

Ольга Петрова said...

Голые: взрослые проститутки xxx5
Сексуальная, энергичная, знающая толк в любовных утехах! Мужчины, совесть есть? Некому на член присесть! Великим оратором в мире является успех.

PAk JUSTAN DI BATANG said...

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

 

Great Morning ©  Copyright by a m d a n g 8 1 | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks